Selengkapnya >>>>>
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD
Kelas/Semester :
I / I (satu)
Tema/Subtema :
1. Diriku/ 3. Aku Dan Teman Baru
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu :
1 X Pertemuan ( 5 x 35 menit )
A. Kompetensi Inti (KI)
1 .
|
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
|
2 .
|
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya
diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
|
3 .
|
Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
|
4 .
|
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
3.3.Mengenal
teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman
3.4.Mengenal
teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau
teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.3.Menyampaikan
teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4.Menyampaikan
teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian
Indikator:
Selengkapnya >>>>>
Selengkapnya >>>>>
·
Mengidentifikasi
ucapan terima kasih
·
Mempraktikkan
cara menyampaikan terima kasih
·
Mengidentifikasi
nama teman
·
Menyebutkan identitas
teman
PPKn
Kompetensi Dasar :
3.2
|
Mengenal tata tertib dan aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
|
4.2
|
Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah
|
Indikator :
· Mengidentifikasi aturan dalam suatu permainan
· Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah
Matematika
Kompetensi Dasar
:
3.1
|
Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan
kemunculan bilangan dengan bahasa yang Sederhana
|
4.1
|
Mengurai sebuah bilangan asli sampai
dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan
berbagai kemungkinan
jawaban
|
Indikator :
·
Menghitung banyak benda 1-5
·
Menunjukkan benda sesuai dengan
bilangan yang ditentukan
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Setelah mengikuti permainan, siswa
dapat mengenal konsep bilangan 1-5 dengan tepat.
2. Dengan melakukan permainan siswa dapat
mengenal lambang bilangan dengan benar.
3. Dengan melakukan permainan, siswa
dapat mengidentifikasi nama teman baru dengan tepat.
4. Setelah mengidentifikasi, siswa dapat
menyebutkan kembali nama temannya dengan benar.
D.
Materi Pembelajaran
• Mengenal bilangan bersama teman baru ( Buku
siswa hal- 6 )
• Mengamati gambar ( buku siswa hal. 7 )
• Berdiskusi untuk mengenal teman baru ( buku
siswa hal. 8 )
E.
Metode
Pembelajaran
Metode ( ceramah, diskusi, dan tanya jawab )
Pendekatan : Saintifik ( mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/
eksperimen, mengasosiasi/ menalar, dan mengkomunikasikan ).
F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media : lagu
palu , 5 set kartu angka
2.
Alat/Bahan : Kertas
karton, spidol
3.
Sumber Belajar : Buku siswa tema 1 diriku, Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru membuka pelajaran
dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
2.
Guru mengajak siswa untuk berdoa dan meminta
salah seorang siswa memimpin doa.
3.
Guru melakukan apersepsi sebagai awal
komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti.
4.
Guru memberi motivasi kepada siswa agar
semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru
kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari
kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
6.
Guru melakukan kegiatan penyegaran untuk
membuat siswa bersemangat dengan mengajak siswa bernyanyi lagu “Palu”.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Guru menyampaikan bahwa mereka akan bermain sambil mengenal
bilangan dan mengajak siswa untuk berhitung bersama dari 1-5.
2. Guru mengenalkan konsep dan lambang bilangan 1-5.
3. Guru menempelkan kertas bertuliskan angka 1-5 di beberapa
bagian kelas. Misalnya, angka 1 ditempel di satu sudut kelas. Angka 2
ditempel di papan tulis.
4. Satu siswa diminta untuk berdiri di dekat angka 1, dua siswa
diminta berdiri di dekat angka 2 demikian seterusnya sampai di angka 5 dengan
lima orang siswa.
5. Siswa diminta kembali ke tempat semula.
6. Guru menghitung sampai angka 5 dan meminta siswa untuk
menuju ke sudut-sudut angka tersebut.
7. Jumlah siswa di setiap sudut harus sesuai dengan angka yang
tertera. Misalnya, pada sudut dengan angka 1, hanya ada satu siswa di sana.
Begitu juga dengan angka yang lainnya.
8. Guru mengulang kegiatan sampai siswa paham mengenai banyak
benda dan lambang bilangan 1-5.
9. Guru melakukan refleksi kegiatan dengan cara meminta siswa
mengungkapkan perasaan dan pendapatnya.
10. Kemudian siswa mengerjakan lembar latihan di buku
siswa, namun guru dapat menambah variasi latihan sendiri.
11. Guru mengajak siswa untuk mengenal temannya dengan
bermain mengenal teman baru.
12. Minta siswa untuk berkumpul membuat kelompok
masing-masing 5 orang.
13. Siswa akan berbagi informasi mengenai nama panggilan dan
nama lengkap.
14. Setiap siswa akan menyebutkan identitas teman yang duduk di
sebelahnya.
15. Lalu, setiap kelompok membentuk lingkaran.
16. Masing-masing kelompok mengundi siapa yang mendapat giliran
pertama mengenalkan nama lengkap teman di sebelah kanannya.
17. Siswa mendapat giliran mengucapkan terima kasih sebelum dan
sesudah mengenalkan teman disebelahnya, guru memberi contoh sebelum memulai
kegiatan.
18. Siswa yang mendapat giliran pertama bertugas menyebutkan
identitas teman yang duduk di sebelah kanannya.
19. Siswa kedua bertugas menyebutkan identitas teman berikutnya.
20. Teman lain mengamati dan membantu mengoreksi jika ada
informasi yang tidak sesuai.
21. Kegiatan diulang sampai semua siswa mendapat giliran.
22. Guru membuat tabel yang berisi nama lengkap dan nama
panggilan semua siswa di kelas.
23. Siswa diminta menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan
teman dalam kelompok masing-masing.
24. Guru menuliskan nama lengkap dan nama panggilan siswa dalam
satu kelompok.
25. Setelah semua terdata, guru mengajak siswa memperhatikan
nama-nama siswa dalam setiap kelompoknya.
26. Setelah selesai, guru bersama siswa menyimpulkan bahwa semua
anak mempunyai nama lengkap dan nama panggilan dan semua nama bagus. Dengan
adanya nama kita menjadi saling mengenal.
|
145 menit
|
Penutup
|
Guru menanyakan
kepada siswa tentang materi yang belum dipelajari. Dengan arahan guru siswa
melakukan refleksi dari kegiatan yang sudah dilakukan.
Guru mengajak
siswa berdoa sebelum mengakhiri pelajaran dan meminta salah seorang siswa
memimpin doa.
|
15 menit
|
H.
Penilaian
Jenis Penilaian
a.
Penilaian Sikap : Percaya Diri, santun, tanggung jawab,
berani.
b.
Unjuk kerja : keterampilan bercerita dan menyanyikan
lagu ”palu-palu “
c.
Peniulaian Keterampilan
Penilaian Pengamatan Langsung (Pengamatan Gambar dan mendiskusikan)√
1.
Bentuk Instrumen Penilaian
a. Penilaian
sikap
No
|
Nama
|
Perubahan
Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya
Diri
|
Santun
|
Sistematika
Penulisan
|
Berani
|
||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||||
1
|
|||||||||||||
2
|
|||||||||||||
3
|
|||||||||||||
Keterangan : 1. Kurang, 2.
Cukup, 3. Baik Sekali
|
Keterangan:
BT :Belum
Terlihat
T :Terlihat
M :Menonjol
Berilah dengan
centang (√) pada kolom yang sesuai
2.
Penilaian
Pengetahuan
a. Matematika
Instrumen penilaian tes tertulis mengamati gambar (
Pasangkanlah ) pada buku siswa hal. 7
b. Muatan
Bahasa Indonesia
Bentuk soal :
Tulislah nama-nama temen kelompokmu
dengan bahasa Indonesia yang sederhana.
No
|
Nama
|
Aspek
yang dinilai
|
||||||||
Pemilihan
Kosa Kata
|
Ejaan
|
Sistematika
Penulisan
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||
1
|
||||||||||
2
|
||||||||||
3
|
||||||||||
Keterangan : 1. Kurang, 2.
Cukup, 3. Baik Sekali
|
3.
Penilaian Keterampilan
Muatan
a. Penilaian:
Observasi ( Pengamatan )
Lembar
pengamatan Ketaatan dalam Peraturan
Permainan
No
|
Kriteria
|
Terlihat ( √ )
|
Belum Terlihat ( √ )
|
1
|
Siswa mampu
mengikuti instruksi guru
|
||
2
|
Siswa terlibat
aktif dalam permainan
|
||
3
|
Mengikuti
peraturan dalam permainan
|
||
4
|
Mengenal
konsep dan lambang bilangan 1-5
|
b. Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Kegiatan Memperkenalkan Teman
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu
Bimbingan
1
|
1
|
Kemampuan
menyebutkan identitas teman dalam kelompok
|
Siswa mampu
meyebutkan identitas dari 4 atau lebih temannya.
|
Siswa mampu
meyebutkan
identitas dari 3 temannya.
|
Siswa mampu
meyebutkan
identitas dari 2 temannya.
|
Siswa mampu
meyebutkan
identitas
dari 1 temannya.
|
2
|
Kerja sama
kelompok
|
Seluruh
anggota
kelompok
berpartisipasi
aktif.
|
Setengah
atau lebih anggota kelompok berpartisipasi aktif.
|
Kurang dari
setengah anggota kelompok
berpartisipasi
aktif.
|
Seluruh
anggota
kelompok
terlihat
pasif.
|
3
|
Ketertiban
dalam kegiatan
|
Selalu
tertib
sepanjang
kegiatan
|
Sesekali
saja tidak tertib
|
Sering tidak
tertib dan mengganggu kelas namun masih bias diarahkan
|
Sepanjang
kegiatan
tidak
tertib dan
mengganggu
kelas
|
Penskoran
No
|
Nama
|
Skor Tiap Nomor (benar1, salah 0)
|
∑ Skor
|
Nila
|
|||||||||||
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
f
|
g
|
h
|
i
|
j
|
k
|
l
|
||||
1
|
|||||||||||||||
2
|
|||||||||||||||
3
|
Tanjung, ……………………… 2014
Kepala Sekolah
|
Guru Kelas 1
|
|
( …………………………….. )
|
( ………………………….. )
|
Refleksi
*
Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
*
Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................
*
Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
·
Remedial
Untuk
siswa yang belum berhasil mencapai kompetensi,guru memberikan bimbingan kepada siswa
·
Pengayaan
Memberikan
kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian
kompetensi.