Selengkapnya >>>>>


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan          : SD
Kelas/Semester               : I / I (satu)
Tema/Subtema               : 1. Diriku/ 3.  Aku Dan Teman Baru
Pembelajaran                 :  2
Alokasi Waktu                 : 1 X Pertemuan ( 5 x 35 menit )

A.     Kompetensi Inti (KI)
1 .
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2 .
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3 .
 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4 .
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator
Bahasa  Indonesia
Kompetensi Dasar:
3.3.Mengenal teks terima kasih tentang sikap kasih sayang dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
3.4.Mengenal teks cerita diri/personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.3.Menyampaikan teks terima kasih mengenai sikap kasih sayang secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4.Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

Indikator:
Selengkapnya >>>>>
·         Mengidentifikasi ucapan terima kasih
·         Mempraktikkan cara menyampaikan terima kasih
·         Mengidentifikasi nama teman
·         Menyebutkan identitas teman

PPKn
Kompetensi Dasar :
3.2
Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
4.2
Melaksanakan tata tertib di rumah dan di sekolah

Indikator :
·   Mengidentifikasi aturan dalam suatu permainan
·   Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah

Matematika
Kompetensi Dasar :
3.1
Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang Sederhana
4.1
Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban

            Indikator :
·         Menghitung banyak benda 1-5
·         Menunjukkan benda sesuai dengan bilangan yang ditentukan
C.     Tujuan Pembelajaran
1.    Setelah mengikuti permainan, siswa dapat mengenal konsep bilangan 1-5 dengan tepat.
2.    Dengan melakukan permainan siswa dapat mengenal lambang bilangan dengan benar.
3.    Dengan melakukan permainan, siswa dapat mengidentifikasi nama teman baru dengan tepat.
4.    Setelah mengidentifikasi, siswa dapat menyebutkan kembali nama temannya dengan benar.

D.    Materi Pembelajaran
      Mengenal bilangan bersama teman baru ( Buku siswa hal- 6 )
      Mengamati gambar ( buku siswa hal. 7 )
      Berdiskusi untuk mengenal teman baru ( buku siswa hal. 8 )

E.     Metode Pembelajaran
Metode ( ceramah, diskusi, dan tanya jawab )
Pendekatan : Saintifik ( mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/ eksperimen, mengasosiasi/ menalar, dan mengkomunikasikan ).

F.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.   Media                          : lagu palu , 5 set kartu angka   
2.   Alat/Bahan                 : Kertas karton, spidol             
3.   Sumber Belajar         : Buku siswa tema 1 diriku, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

G.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu

Pendahuluan






1.   Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
2.   Guru mengajak siswa untuk berdoa dan meminta salah seorang siswa memimpin doa.
3.   Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti.
4.   Guru memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.   Siswa mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
6.   Guru melakukan kegiatan penyegaran untuk membuat siswa bersemangat dengan mengajak siswa bernyanyi lagu “Palu”.

15 menit






Kegiatan Inti
1.    Guru menyampaikan bahwa mereka akan bermain sambil mengenal bilangan dan mengajak siswa untuk berhitung bersama dari 1-5.
2.    Guru mengenalkan konsep dan lambang bilangan 1-5.
3.    Guru menempelkan kertas bertuliskan angka 1-5 di beberapa bagian kelas. Misalnya, angka 1 ditempel di satu sudut kelas. Angka 2 ditempel di papan tulis.
4.    Satu siswa diminta untuk berdiri di dekat angka 1, dua siswa diminta berdiri di dekat angka 2 demikian seterusnya sampai di angka 5 dengan lima orang siswa.
5.    Siswa diminta kembali ke tempat semula.
6.    Guru menghitung sampai angka 5 dan meminta siswa untuk menuju ke sudut-sudut angka tersebut.
7.    Jumlah siswa di setiap sudut harus sesuai dengan angka yang tertera. Misalnya, pada sudut dengan angka 1, hanya ada satu siswa di sana. Begitu juga dengan angka yang lainnya.
8.    Guru mengulang kegiatan sampai siswa paham mengenai banyak benda dan lambang bilangan 1-5.
9.    Guru melakukan refleksi kegiatan dengan cara meminta siswa mengungkapkan perasaan dan pendapatnya.
10. Kemudian siswa mengerjakan lembar latihan di buku siswa, namun guru dapat menambah variasi latihan sendiri.
11. Guru mengajak siswa untuk mengenal temannya dengan bermain mengenal teman baru.
12. Minta siswa untuk berkumpul membuat kelompok masing-masing 5 orang.
13. Siswa akan berbagi informasi mengenai nama panggilan dan nama lengkap.
14. Setiap siswa akan menyebutkan identitas teman yang duduk di sebelahnya.
15. Lalu, setiap kelompok membentuk lingkaran.
16. Masing-masing kelompok mengundi siapa yang mendapat giliran pertama mengenalkan nama lengkap teman di sebelah kanannya.
17. Siswa mendapat giliran mengucapkan terima kasih sebelum dan sesudah mengenalkan teman disebelahnya, guru memberi contoh sebelum memulai kegiatan.
18. Siswa yang mendapat giliran pertama bertugas menyebutkan identitas teman yang duduk di sebelah kanannya.
19. Siswa kedua bertugas menyebutkan identitas teman berikutnya.
20. Teman lain mengamati dan membantu mengoreksi jika ada informasi yang tidak sesuai.
21. Kegiatan diulang sampai semua siswa mendapat giliran.
22. Guru membuat tabel yang berisi nama lengkap dan nama panggilan semua siswa di kelas.
23. Siswa diminta menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan teman dalam kelompok masing-masing.
24. Guru menuliskan nama lengkap dan nama panggilan siswa dalam satu kelompok.
25. Setelah semua terdata, guru mengajak siswa memperhatikan nama-nama siswa dalam setiap kelompoknya.
26. Setelah selesai, guru bersama siswa menyimpulkan bahwa semua anak mempunyai nama lengkap dan nama panggilan dan semua nama bagus. Dengan adanya nama kita menjadi saling mengenal.
      

145 menit

Penutup
Guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang belum dipelajari. Dengan arahan guru siswa melakukan refleksi dari kegiatan yang sudah dilakukan.
Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengakhiri pelajaran dan meminta salah seorang siswa memimpin doa.

15 menit

H.     Penilaian
Jenis Penilaian
a.    Penilaian Sikap : Percaya Diri, santun, tanggung jawab, berani.
b.    Unjuk kerja : keterampilan bercerita dan menyanyikan lagu ”palu-palu “
c.    Peniulaian Keterampilan
Penilaian Pengamatan Langsung (Pengamatan Gambar dan mendiskusikan)√

1.   Bentuk Instrumen Penilaian                                         
a.    Penilaian sikap
No
Nama
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Santun
Sistematika Penulisan
Berani
1
2
3
1
2
3
1
2
3



1













2













3



























Keterangan : 1. Kurang, 2. Cukup, 3. Baik Sekali

 Keterangan:
  BT :Belum Terlihat                                                                                     
  T    :Terlihat
  M   :Menonjol
 Berilah dengan centang (√) pada kolom yang sesuai
2.      Penilaian Pengetahuan
a.      Matematika
Instrumen penilaian tes tertulis mengamati gambar ( Pasangkanlah ) pada buku siswa hal. 7


b.      Muatan Bahasa Indonesia
Bentuk soal :
             Tulislah nama-nama temen kelompokmu dengan bahasa Indonesia yang sederhana.
No
Nama
Aspek yang dinilai
Pemilihan Kosa Kata
Ejaan
Sistematika Penulisan
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1










2










3





















Keterangan : 1. Kurang, 2. Cukup, 3. Baik Sekali



3.    Penilaian Keterampilan
Muatan
a.       Penilaian: Observasi ( Pengamatan )
Lembar pengamatan Ketaatan dalam Peraturan Permainan
No
Kriteria
Terlihat ( √ )
Belum Terlihat ( √ )
1
Siswa mampu mengikuti instruksi guru


2
Siswa terlibat aktif dalam permainan


3
Mengikuti peraturan dalam permainan


4
Mengenal konsep dan lambang bilangan 1-5




b.       Penilaian: Unjuk Kerja
              Rubrik Kegiatan Memperkenalkan Teman
No
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1
Kemampuan menyebutkan identitas teman dalam kelompok
Siswa mampu meyebutkan identitas dari 4 atau lebih temannya.
Siswa mampu
meyebutkan identitas dari 3 temannya.
Siswa mampu
meyebutkan identitas dari 2 temannya.
Siswa mampu
meyebutkan
identitas dari 1 temannya.
2
Kerja sama kelompok
Seluruh anggota
kelompok berpartisipasi
aktif.
Setengah atau lebih anggota kelompok berpartisipasi aktif.
Kurang dari setengah anggota kelompok
berpartisipasi
aktif.
Seluruh anggota
kelompok
terlihat pasif.
3
Ketertiban dalam kegiatan
Selalu tertib
sepanjang kegiatan
Sesekali saja tidak tertib
Sering tidak tertib dan mengganggu kelas namun masih bias diarahkan
Sepanjang
kegiatan tidak
tertib dan mengganggu
kelas





Penskoran
No
Nama
Skor Tiap Nomor (benar1, salah 0)
∑ Skor
Nila
a
b
c
d
e
f
g
h
i
j
k
l
1















2















3
















Tanjung, ……………………… 2014
Kepala Sekolah

Guru Kelas 1


( …………………………….. )



( ………………………….. )


Refleksi
* Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

* Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
·      Remedial
Untuk siswa yang belum berhasil mencapai kompetensi,guru memberikan  bimbingan kepada siswa
·      Pengayaan
Memberikan kegiatan kegiatan pengayaan bagi siswa yang melebihi target pencapaian kompetensi.
Design by papuqbaloq | Blogger Theme by papuqbaloq - papuqbaloq | papuqbaloq.com
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA , SEMOGA BERMANFAAT KAWAN