Selengkapnya >>>>>
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan         : SD
Kelas/ Semester            : I/ 1 (Satu)
Tema/ Subtema             : Diriku/Aku Dan Teman Baru
Alokasi Waktu             : 1 x Pertemuan (5 x 35 Menit)
Pertemuan ke               : I (Pertama)

A.  Kompetensi Inti (KI)
1.        Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.        Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.        Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.   Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
Ø  PPKN
Kompetensi Dasar:
3.2. Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
4.2. Melaksanakan tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah

INDIKATOR
• Mengidentifikasi aturan permainan di sekolah
• Menjalankan peraturan pada permainan di sekolah

Ø Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
3.4.   Mengenal teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4.   Menyampaikan teks cerita diri/personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian

INDIKATOR
• Mengidentifikasi cara cara memperkenalkan diri
• Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama lengkap
• Memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan
• Menyebutkan nama temannya

Ø PJOK
Kompetensi Dasar:
3.3   Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
4.3   Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.





INDIKATOR
• Mengidentifikasi gerakan melempar bola sebagai gerak manipulatif
• Melakukan gerakan melempar bola
• Melakukan gerakan menangkap bola

Ø SBDP
Kompetensi Dasar:
3.1. Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan di lingkungan sekitar

INDIKATOR
• Mengidentifikasikan cara menghias kartu nama
• Memberi hiasan pada kartu nama

C.       Tujuan Pembelajaran
1. Melalui permainan lempar bola, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan secara benar.
2. Dengan melakukan permainan siswa dapat menyebutkan nama lengkap dengan benar.
3. Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat menghias kartu nama dengan rapi.

D.       Materi Pembelajaran
1.    AKU DAN TEMAN BARU (Buku siswa halaman 1-5)
E.       Metode dan Pendekatan Pembelajaran
Metode (ceramah, diskusi, dan tanya jawab)
Pendekatan: Scientific (mengamati, mengumpulkan informasi, eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan).

F.        Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
1.         Media: Lagu Yang Berjudul “Siapa Namamu”, potongan kertas karton, kartu nama.
2.         Alat/bahan: BOLA.
3.         Sumber belajar:
Buku Siswa Tema 1 Diriku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013.
Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.      Pada awal pelajaran, guru mengucapkan selamat datang kepada siswa.
2.      Guru meminta siswa mengamati buku siswa dari halaman 1–3.
3.      Guru menunjukkan cara berkenalan, seperti yang dilakukan Edo dan Beni di buku siswa halaman 3.
4.      Siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan guru menjelaskan aturan bermainnya. (siswa diminta melingkar, boleh duduk atau berdiri, dan guru mencontohkan cara melempar dan menangkap bola dengan tepat).
5.      Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri, ”Selamat pagi, nama saya Ibu/Bapak....nama panjang....biasa dipanggil Ibu/Bapak.... kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (hindari pelemparan bola dengan keras)
6.      Siswa yang menangkap bola harus menyebutkan nama lengkap dan nama panggilannya. Kemudian, dia melempar kepada teman lain. Teman yang menangkap lemparan bola, menyebutkan nama lengkap dan nama panggilan.
7.      Demikian seterusnya hingga seluruh siswa memperkenalkan diri.



15 Menit
Kegiatan Inti
1.      Setelah semua memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil mengingat kembali nama-nama teman di kelas. Guru menggunakan lagu

yang ada di Buku Siswa.
Lirik lagu “Siapa Namamu”
Ciptaan A.T. Mahmud
1 2 / 3 . / 3 4 / 5 ./
Sia pa kah na ma mu
5 4 / 3 . / 3 3 /1 . //
Na ma ku .............
(sebutkan nama anak)

2.      Siswa tetap berada pada posisi lingkaran. Guru mencontohkan cara menyanyi lagu “Siapakah Namamu” sambil menepuk salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya. Lalu siswa tersebut sambil menyanyi “Siapakah Namamu” menepuk teman di sebelahnya dan teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagunya dan seterusnya.
3.      Kegiatan ditutup dengan diskusi pentingnya saling mengenal, karena tak kenal maka tak sayang, upayakan guru memberikan penguatan tentang pentingnya saling mengenal.
4.      Setelah diskusi tentang pentingnya saling mengenal, guru menjelaskan bahwa untuk dapat mengenal nama teman, kita bisa juga menggunakan kartu nama.
5.      Guru menyampaikan bahwa siswa akan membuat kartu nama mereka masing-masing.
6.      Guru membagikan potongan-potongan karton seukuran kartu nama.
7.      Guru membagikan kertas bertuliskan nama siswa kepada masing-masing siswa untuk dijadikan contoh untuk menulis.

145 Menit
Penutup
1.      Lalu, Siswa diminta menuliskan namanya di karton kartu nama dan menghias atau mewarnai kartu nama mereka masing-masing.
2.      Setelah itu, guru menjelaskan bahwa kartu nama tersebut akan digunakan selama berada di sekolah atau dipajang di kelas.
15 Menit

H.      Penilaian
1.    Teknik Penilaian
a.         Penilaian Sikap     : Percaya diri, santung, tanggung jawab, berani.
b.        Unjuk Kerja: Keterampilan Bercerita dan menyanyikan lagu “Siapa Namamu
c.          Penilaian Pengetahuan : Tertulis
2.    Bentuk Instrumen Penilaian
a.    Penilaian Sikap
Lembar pengamatan terhadap siswa di kelas/sekolah
Minggu ke-……. Bulan …………2013                                Subtema “Aku Dan Teman Baru”
No
Nama Peserta Didik
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Santun
Tanggung Jawab
Berani
BT
T
M
BT
T
M
BT
T
M
BT
T
M
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1.













2.













3.













Keterangan :
BT : Belum Terlihat
T   : Terlihat
M : Menonjol
Berilah dengan centang (ü) pada kolom yang sesuai

b.    Penilaian Pengetahuan
Ø  Muatan Bahasa Indonesia
Bentuk Soal :
Tulislah cara perkenalan diri dengan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar!
No
Nama Peserta Didik
Aspek yang Dinilai
Pemilihan Kosa Kata
Ejaan
Sistematika Penulisan

1

2

3

1

2

3

1

2

3
1.










2.










3.










Keterangan : 1 : kurang; 2: cukup; 3: baik sekali

Ø  Muatan PPKn
 Bentuk soal
1.      Apa yang kamu lakukan ketika berangkat ke sekolah
No
Nama Peserta Didik
Aspek yang Dinilai
Keterangan
Sikap
Pengetahuan

1

2

3

1

2

3
1.








2.








3.








Keterangan : 1 : kurang; 2: cukup; 3: baik sekali


Ø  Muatan PJOK
Bentuk soal
Siapakah yang bisa melempar bola kearah temanmu?
No
Nama Peserta Didik
Aspek yang Dinilai
Keterangan
Cara Melempar
Cara menangkap

1

2

3

1

2

3
1.








2.








3.








Keterangan : 1 : kurang; 2: cukup; 3: baik sekali










Ø  Muatan SBDP
Bentuk soal
Siapakah yang bisa membuat garis lingkaran dan mewarnainya?
No
Nama Peserta Didik
Aspek yang Dinilai
Keterangan
Bentuk Lingkaran
Kerapian Warna

1

2

3

1

2

3
1.








2.








3.








Keterangan : 1 : kurang; 2: cukup; 3: baik sekali


c.    Penilaian Keterampilan
1.      Penilaian Unjuk Kerja Berbicara
No
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1.
Kemampuan mengungkapkan atau mengucapkan berbahasa indonesia yang baik dan benar.




2.
Kemampuan siswa melakukan sikap sopan santun.




3
Kemampuan siswa dalam melempar dan menangkap bola.




4
Kemampuan siswa dalam membuat dan mewarnai garis.






NO
Nama
Skor Tiap Nomor (benar1, salah 0)
∑ Skor
Nilai
a
b
c
d
e
f
g
h
i
j
k
l
1















2















3
















                                                                                               ............., .............2013
Kepala Sekolah                                                                        Guru Kelas I



.................................                                                   ...................................
            NIP.                                                                             NIP.

Design by papuqbaloq | Blogger Theme by papuqbaloq - papuqbaloq | papuqbaloq.com
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA , SEMOGA BERMANFAAT KAWAN