RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SD
Kelas/ Semester : I/ 1 (Satu)
Tema/ Subtema : Diriku/Aku Dan Teman Baru
Alokasi Waktu : 1 x Pertemuan (5 x 35 Menit)
Pertemuan ke :
I (Pertama)
A. Kompetensi Inti (KI)
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat,
membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam
karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
Ø
PPKN
Kompetensi Dasar:
3.2. Mengenal tata tertib
dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah
4.2. Melaksanakan tata
tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di
sekolah
INDIKATOR
• Mengidentifikasi aturan
permainan di sekolah
• Menjalankan peraturan pada
permainan di sekolah
Ø Bahasa Indonesia
Kompetensi
Dasar:
3.4.
Mengenal teks cerita diri/personal
tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
4.4.
Menyampaikan teks cerita diri/personal
tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
INDIKATOR
• Mengidentifikasi cara cara
memperkenalkan diri
• Memperkenalkan diri dengan
menyebutkan nama lengkap
• Memperkenalkan diri dengan
menyebutkan nama panggilan
• Menyebutkan nama temannya
Ø
PJOK
Kompetensi Dasar:
3.3
Mengetahui konsep gerak dasar
manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang
gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
permainan tradisional.
4.3 Mempraktikkan pola gerak dasar manipulatif
sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang gerak,
hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
permainan tradisional.
INDIKATOR
• Mengidentifikasi gerakan
melempar bola sebagai gerak manipulatif
• Melakukan gerakan melempar
bola
• Melakukan gerakan
menangkap bola
Ø SBDP
Kompetensi Dasar:
3.1. Mengenal cara dan hasil
karya seni ekspresi
4.1.
Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil
pengamatan di lingkungan sekitar
INDIKATOR
• Mengidentifikasikan cara
menghias kartu nama
• Memberi hiasan pada kartu
nama
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui permainan lempar bola, siswa dapat
memperkenalkan diri dengan menyebutkan nama panggilan secara benar.
2. Dengan melakukan permainan siswa dapat menyebutkan nama
lengkap dengan benar.
3. Setelah mendengar penjelasan guru, siswa dapat menghias
kartu nama dengan rapi.
D. Materi Pembelajaran
1.
AKU DAN TEMAN BARU (Buku siswa halaman 1-5)
E. Metode dan Pendekatan Pembelajaran
Metode (ceramah, diskusi, dan tanya jawab)
Pendekatan: Scientific
(mengamati, mengumpulkan informasi, eksperimen,
mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan).
F.
Media,
Alat, dan Sumber Pelajaran
1.
Media: Lagu Yang Berjudul “Siapa Namamu”, potongan
kertas karton, kartu nama.
2.
Alat/bahan: BOLA.
3.
Sumber belajar:
Buku
Siswa Tema 1 Diriku. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013.
Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Pada awal pelajaran, guru mengucapkan selamat datang
kepada siswa.
2. Guru meminta siswa mengamati buku siswa dari
halaman 1–3.
3. Guru menunjukkan cara berkenalan, seperti yang
dilakukan Edo dan Beni di buku siswa halaman 3.
4. Siswa diajak untuk saling berkenalan melalui
sebuah permainan lempar bola dan guru menjelaskan aturan bermainnya. (siswa
diminta melingkar, boleh duduk atau berdiri, dan guru mencontohkan cara
melempar dan menangkap bola dengan tepat).
5. Permainan dimulai dari guru dengan
memperkenalkan diri, ”Selamat pagi, nama saya Ibu/Bapak....nama
panjang....biasa dipanggil Ibu/Bapak.... kemudian, melempar bola pada salah
satu siswa (hindari pelemparan bola dengan keras)
6. Siswa yang menangkap bola harus menyebutkan
nama lengkap dan nama panggilannya. Kemudian, dia melempar kepada teman lain.
Teman yang menangkap lemparan bola, menyebutkan nama lengkap dan nama
panggilan.
7. Demikian seterusnya hingga seluruh siswa
memperkenalkan diri.
|
15 Menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Setelah semua memperkenalkan diri, guru
mengajak siswa untuk bernyanyi sambil mengingat kembali nama-nama teman di
kelas. Guru menggunakan lagu
yang ada di Buku Siswa.
Lirik lagu “Siapa Namamu”
Ciptaan A.T. Mahmud
1 2 / 3 . / 3 4 / 5 ./
Sia pa kah na ma mu
5 4 / 3 . / 3 3 /1 . //
Na ma ku .............
(sebutkan nama anak)
2. Siswa tetap berada pada posisi lingkaran. Guru
mencontohkan cara menyanyi lagu “Siapakah Namamu” sambil menepuk salah satu
siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya. Lalu siswa tersebut sambil menyanyi
“Siapakah Namamu” menepuk teman di sebelahnya dan teman tersebut menyebutkan
namanya sambil mengikuti irama lagunya dan seterusnya.
3. Kegiatan ditutup dengan diskusi pentingnya
saling mengenal, karena tak kenal maka tak sayang, upayakan guru memberikan
penguatan tentang pentingnya saling mengenal.
4. Setelah diskusi tentang pentingnya saling
mengenal, guru menjelaskan bahwa untuk dapat mengenal nama teman, kita bisa
juga menggunakan kartu nama.
5. Guru menyampaikan bahwa siswa akan membuat
kartu nama mereka masing-masing.
6. Guru membagikan potongan-potongan karton
seukuran kartu nama.
7. Guru membagikan kertas bertuliskan nama siswa
kepada masing-masing siswa untuk dijadikan contoh untuk menulis.
|
145 Menit
|
Penutup
|
1. Lalu, Siswa diminta menuliskan namanya di
karton kartu nama dan menghias atau mewarnai kartu nama mereka masing-masing.
2. Setelah itu, guru menjelaskan bahwa kartu nama
tersebut akan digunakan selama berada di sekolah atau dipajang di kelas.
|
15 Menit
|
H. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a.
Penilaian Sikap :
Percaya diri, santung, tanggung jawab, berani.
b.
Unjuk Kerja: Keterampilan Bercerita dan menyanyikan lagu “Siapa Namamu”
c.
Penilaian
Pengetahuan : Tertulis
2. Bentuk Instrumen Penilaian
a.
Penilaian Sikap
Lembar pengamatan
terhadap siswa di kelas/sekolah
Minggu
ke-……. Bulan …………2013 Subtema “Aku Dan Teman
Baru”
No
|
Nama Peserta Didik
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Santun
|
Tanggung Jawab
|
Berani
|
||||||||||
BT
|
T
|
M
|
BT
|
T
|
M
|
BT
|
T
|
M
|
BT
|
T
|
M
|
||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
BT : Belum Terlihat
T :
Terlihat
M : Menonjol
Berilah dengan centang (ü) pada kolom yang sesuai
|
b.
Penilaian Pengetahuan
Ø Muatan Bahasa Indonesia
Bentuk Soal :
Tulislah
cara perkenalan diri dengan menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar!
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek yang Dinilai
|
||||||||
Pemilihan Kosa Kata
|
Ejaan
|
Sistematika Penulisan
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan : 1 : kurang; 2: cukup; 3: baik sekali
|
Ø Muatan PPKn
Bentuk soal
1.
Apa yang kamu lakukan ketika berangkat ke sekolah
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek yang Dinilai
|
Keterangan
|
|||||
Sikap
|
Pengetahuan
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan : 1 : kurang; 2: cukup; 3: baik sekali
|
|
Ø Muatan PJOK
Bentuk soal
Siapakah yang bisa melempar bola kearah temanmu?
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek yang Dinilai
|
Keterangan
|
|||||
Cara Melempar
|
Cara menangkap
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan : 1 : kurang; 2: cukup; 3: baik sekali
|
|
Ø Muatan SBDP
Bentuk soal
Siapakah yang bisa membuat garis lingkaran dan
mewarnainya?
No
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek yang Dinilai
|
Keterangan
|
|||||
Bentuk Lingkaran
|
Kerapian Warna
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan : 1 : kurang; 2: cukup; 3: baik sekali
|
|
c.
Penilaian Keterampilan
1. Penilaian
Unjuk Kerja Berbicara
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1.
|
Kemampuan mengungkapkan atau mengucapkan berbahasa indonesia yang baik
dan benar.
|
|
|
|
|
2.
|
Kemampuan siswa melakukan sikap sopan santun.
|
|
|
|
|
3
|
Kemampuan siswa dalam melempar dan menangkap
bola.
|
|
|
|
|
4
|
Kemampuan siswa dalam membuat dan mewarnai garis.
|
|
|
|
|
NO
|
Nama
|
Skor Tiap Nomor (benar1, salah 0)
|
∑ Skor
|
Nilai
|
|||||||||||
a
|
b
|
c
|
d
|
e
|
f
|
g
|
h
|
i
|
j
|
k
|
l
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
.............,
.............2013
Kepala
Sekolah Guru
Kelas I
................................. ...................................
NIP. NIP.