Selengkapnya >>>>>
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                 : SD
Kelas/semester                      : 1/ 1 (satu)
Tema/ Subtema                     : DIRIKU/  AKU DAN TEMAN BARU
Alokasi waktu                         : 5 x 35 menit ( 1x pertemuan )
Pembelajaranke-                   : 3
A.       KompetensiInti (KI):
KI 1         : Menerima dan menjalankan agama yang dianutnya.
KI 2         : Memiliki prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3         : Memahami pemahaman factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda dijumpainya dirumah dan disekolah.
KI 4         : menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan prilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.       KompetensiDasar (KD) dan Indikator
   MATEMATIKA
KD : 
3.2. Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada disekitar rumah, disekolah atau tempat bermain.
3.5. Mengenal bangun datar dan bangun ruang yang menggunakan benda-benda yang ada disekitar rumah, sekolah dan tempat-tempat bermain.
3.12. Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan dan urutan kelompok berdasarkan jumlah anggotanya.
4.1. Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban.
4.7. Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada.
4.8. Mengelompokkan teman sekelas berdasarkan tinggi badannya.
Indikator :
3.2.1   Menghitung banyak benda 1-5
3.5.1.  Mengidentifikasi banyak benda
3.12.1  Menentukan benda yang lebih banyak
4.1.1.  Menentukan benda yang lebih sedikit
4.7.1.  Mengidentifikasi bangun segi empat
4.8.1.  Menggambar dari bentuk segi empat
   BAHASA INDONESIA
KD : 
3.1. Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat benda serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1. mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyjian.
Indikator :
3.1.1.  Mengidentifikasi benda-benda disekitar
4.1.1. Mendiskripsikan benda-benda secara lisan
   SBDP
KD : 
3.1. Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi .
4.1. Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil pengamatan dilingkungan sekitar.
Indikator : 
3.1.1. Mengidentifikasi gambar sebagai salah satu karya seni ekspresi .
4.1.1. Menggambar bentuk baru dari bangun segi empat.
C.       TujuanPembelajaran
1.        Dengan mengamati gambar, siswa dapat menghitung  banyak benda 1-5 dengan benar
2.       Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan benda yang lebih banyak dengan tepat
3.       Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan lebih banyak dan lebih sedikit dengan tepat
4.       Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengidentufikasi bentuk persegi dengan tepat
5.       Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengidentifikasi bentuk persegi panjang dengan tepat
6.       Setelah mengidentifikasi, siswa dapat membentuk persegi dan persegi panjang
7.       Dengan kegiatan menggambar, siswa dapat menceritakan gambar yang dibuatnya dengan menggunakan bahasa sendiri
D.       Materi Pembelajaran
Ø  Menghitung bersama teman ( hal  9-10 )
Ø  Mengenal bentuk persegi ( hal 11 )
Ø  Menggambar dari bentuk persegi ( hal 12 )
E.        Metode Pembelajaran
Ø  Problem based learning (PBL)
Ø  Pembelajaran saintifik
F.        Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
Ø  Media                                     : lagu “belajar berhitung”, kotak bekas pasta gigi, sabun dll, yang mempunyai                                                        bentuk dasar persegi.
Ø  Alat pembelajaran               : Alat mewarnai atau benda lain yang bisa digunakan untuk menghias.
Ø  Sumber belajar                     : Buku siswa Tema 1 Diriku, Tematik Terpadu Kurikulum 2013 .
G.       Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi waktu

Pendahuluan

1.    Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka
2.    Guru mengajak siswa untuk berdoa dan meminta salah seorang siswa memimpin temannya untuk berdoa
3.    Guru mengabsensi kehadiran siswa
4.    Guru melakukan apersepsi awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti
5.    Memberi  motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan
6.    Siswa mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami
7.      Guru melakukan kegiatan penyegaran untuk membuat siswa bersemangat dengan mengajak siswa bernyanyi “mari berhitung”

15 menit

Kegiatan Inti
1.    Siswa mendengarkan guru membuka pelajaran dengan menyanyikan lagu “mari berhitung”.
2.    Siswa dipersilakan mengajukan pertanyaan tentang lagu dan wacana pada buku bacaan siswa.(menanya)
3.    Siswa diminta membentuk kelompok kecil dan berdiskusi mengenai gambar yang ada di buku bacaan siswa. (mengumpulkan informasi)
4.    Siswa menghitung jumlah siswa pada gambar.
5.    Guru menanyakan berapa banyak anak laki-laki dan anak perempuan.
6.    Siswa diajak berlatih menghitung jumlah siswa disetiap kelompoknya dan mewarnai kotak yang jumlah anaknya lebih banyak, guru mengingatkan agar siswa bekerja dengan teliti.
7.    Lalu, siswa mengamati benda disekitar kelas dan mencari benda yang banyaknya sama dengan gambar siswa yang ada dibuku siswa
8.    Siswa menyampaikan hasil pengamatannya kepada temannya
9.    Siswa diminta membandingkan hasil pengamatannya dengan hasil pengamatan temannya. Guru mengajukan pertanyaan adakah kelompok lain yang mengamati benda yang sama ? dan menanyakan adakah kelompok lain yang mengamati benda yang sama tetapi jumlahnya berbeda ?
10. Setelah itu, siswa diarahkan untuk  melihat bentuk-bentuk yang ada disekitar kelas ( pintu, jendela, papan tulis dll)
11. Guru menunjukkan beberapa kotak bekas kemasan.
12. Siswa diminta membongkar kotak untuk dapat menemukan bahwa bentuk dasar penyusun kotak adalah bangun datar,
13. Guru memperkenalkan bangun persegi dan persegi panjang,
14. Siswa diminta untuk membuat gambar dari bentuk persegi dan persegi panjang sesuai imajinasi mereka kemudian mewarnai gambar tersebut,
15. Siswa bergantian menceritakan gambar kepada temannya,
16. Guru menanyakan kepada siswa “sebutkan pengamatan siapa yang lebih banyak”
17. Setiap kelompok menceritakan kembali kembali hasil diskusi mereka.(mengkomunikasikan)
18. Siswa dibimbing untuk menyimpulkan hasil presentasi tiap kelompok. (mengasosiasi) 

145 menit

Penutup
1.   Guru dan siswa melakukan refleksi
2.   Guru memberikan pesan moral
3.   Doa akhir pelajaran.

15 menit

H.       Penilaian
a.        Tekhnik Penilaian
1.       Penilaian Sikap
Lembar pengamatan terhadap siswa di sekolah/ di rumah
Minggu ke …. Bulan … tahun ….                         Subtema : AKU DAN TEMAN BARU
No
Nama siswa
Perubahan tingkah laku
Percaya diri
Santun
Tanggung jawab
Berani
BT
T
M
BT
T
M
BT
T
M
BT
T
M
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1













2













 Ket :
BT            ; Belum terlihat
T              : Terlihat  
M            : Menonjol
2.       Penilaian Pengetahuan
Instrument penilaian : tes tertulis (isian) hal. 12 buku siswa

3.       Penilaian Keterampilan
a.        Penilaian unjuk kerja
Bentuk soal :
-          Carilah benda yang banyaknya tiga.
-          Carilah benda yang banyaknya empat
-          Carilah benda yang banyaknya lima.
No
Kriteria
Baik sekali
4
Baik
 3
Cukup
 2
Perlu bimbingan 1
1
Ketepatan mengisi angka sesuai banyaknya siswa pada gamabar ‘ayo berlatih’
5-6 gambar diisi dengan tepat
3-4 gambar diisi dengan tepat
1-2 gambar diisi dengan tepat
Belum mampu mengisi angka.
2
Ketepatan mewarnai kotak yang lebih banyak
Mewarnai 3 kotak dengan tepat
Mewarnai 2 kotak dengan tepat
Mewarnai 3 kotak dengan tepat
Belum mampu mewarnai

b.       Penilaian unjuk kerja
Bentuk soal menggambar dari bentuk segi empat :
-          Apa yang kamu gambar ?
-          Apa gambar temanmu ?
-          Gambar mana yang kamu sukai ?
No
Kriteria
Baik sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu bimbingan
1
1
Hasil gambar
Ø  Bentuk dasar terlihat
Ø  Ada tambahan variasi gambar

Bentuk dasar terlihat dan tidak ada tambahan variasi gambar atau sebaliknya
Bentuk dasar tidak terlihat dan tidak ada tambahan variasi gambar
Belum mampu membentuk gambar dari bentuk persegi dan persegi panjang
2
Jumlah warna yang digunakan
Menggunakan 4 atau lebih warna
Menggunakan 3 warna
Menggunakan 2 warna
Menggunakan 1 warna


Kepala Sekolah,



( ___________________________ )
NIP.

………….., …………………………… 2014
Guru Kelas 1


( ___________________________ )
NIP.



Refleksi :
Ø  Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Ø  Siswa yang perlu mendapatkan perhatian khusus
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Ø  Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

Ø  Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………



Design by papuqbaloq | Blogger Theme by papuqbaloq - papuqbaloq | papuqbaloq.com
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA , SEMOGA BERMANFAAT KAWAN