RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SD
Kelas/semester :
1/ 1 (satu)
Tema/ Subtema : DIRIKU/ AKU DAN TEMAN BARU
Alokasi waktu : 5 x 35 menit ( 1x pertemuan )
Pembelajaranke- : 3
A. KompetensiInti
(KI):
KI 1 : Menerima dan menjalankan agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki prilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3 : Memahami pemahaman
factual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya
berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda dijumpainya dirumah dan disekolah.
KI 4 : menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
prilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KompetensiDasar
(KD) dan Indikator
•
MATEMATIKA
KD :
3.2.
Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada
disekitar rumah, disekolah atau tempat bermain.
3.5.
Mengenal bangun datar dan bangun ruang yang menggunakan benda-benda yang ada
disekitar rumah, sekolah dan tempat-tempat bermain.
3.12.
Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi
badan dan urutan kelompok berdasarkan jumlah anggotanya.
4.1.
Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau
pengurangan dua bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban.
4.7. Membentuk
dan menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang
sudah ada.
4.8.
Mengelompokkan teman sekelas berdasarkan tinggi badannya.
Indikator :
3.2.1
Menghitung banyak benda 1-5
3.5.1.
Mengidentifikasi banyak benda
3.12.1
Menentukan benda yang lebih banyak
4.1.1.
Menentukan benda yang lebih sedikit
4.7.1.
Mengidentifikasi bangun segi empat
4.8.1.
Menggambar dari bentuk segi empat
• BAHASA INDONESIA
KD :
3.1.
Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat
benda serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman.
4.1.
mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra,
wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyjian.
Indikator :
3.1.1. Mengidentifikasi benda-benda disekitar
4.1.1. Mendiskripsikan benda-benda
secara lisan
•
SBDP
KD :
3.1.
Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi .
4.1.
Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna dan bentuk berdasarkan hasil
pengamatan dilingkungan sekitar.
Indikator :
3.1.1. Mengidentifikasi gambar
sebagai salah satu karya seni ekspresi .
4.1.1. Menggambar bentuk baru dari
bangun segi empat.
C. TujuanPembelajaran
1.
Dengan mengamati gambar, siswa dapat menghitung banyak benda 1-5 dengan benar
2.
Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan benda yang lebih
banyak dengan tepat
3.
Dengan mengamati gambar, siswa dapat menentukan lebih banyak dan
lebih sedikit dengan tepat
4.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengidentufikasi bentuk
persegi dengan tepat
5.
Setelah mengamati contoh, siswa dapat mengidentifikasi bentuk
persegi panjang dengan tepat
6.
Setelah mengidentifikasi, siswa dapat membentuk persegi dan
persegi panjang
7.
Dengan kegiatan menggambar, siswa dapat menceritakan gambar yang
dibuatnya dengan menggunakan bahasa sendiri
D. Materi
Pembelajaran
Ø Menghitung
bersama teman ( hal 9-10 )
Ø Mengenal
bentuk persegi ( hal 11 )
Ø Menggambar
dari bentuk persegi ( hal 12 )
E.
Metode Pembelajaran
Ø Problem
based learning (PBL)
Ø Pembelajaran
saintifik
F.
Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
Ø
Media :
lagu “belajar berhitung”, kotak bekas pasta gigi, sabun dll, yang mempunyai bentuk dasar persegi.
Ø Alat
pembelajaran : Alat mewarnai
atau benda lain yang bisa digunakan untuk menghias.
Ø Sumber
belajar : Buku siswa Tema 1 Diriku, Tematik Terpadu Kurikulum
2013 .
G. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa
dan menanyakan kabar mereka
2.
Guru mengajak siswa untuk berdoa dan meminta
salah seorang siswa memimpin temannya untuk berdoa
3.
Guru mengabsensi
kehadiran siswa
4.
Guru melakukan apersepsi
awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran inti
5.
Memberi motivasi kepada siswa agar semangat dalam
mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan
6.
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru
kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari
kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami
7.
Guru melakukan kegiatan
penyegaran untuk membuat siswa bersemangat dengan mengajak siswa bernyanyi
“mari berhitung”
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Siswa
mendengarkan guru membuka pelajaran dengan menyanyikan lagu “mari berhitung”.
2.
Siswa dipersilakan mengajukan pertanyaan tentang
lagu dan wacana pada buku bacaan siswa.(menanya)
3.
Siswa diminta
membentuk kelompok kecil dan berdiskusi mengenai gambar yang ada di buku bacaan siswa. (mengumpulkan
informasi)
4.
Siswa
menghitung jumlah siswa pada gambar.
5.
Guru
menanyakan berapa banyak anak laki-laki dan anak perempuan.
6.
Siswa
diajak berlatih menghitung jumlah siswa disetiap kelompoknya dan mewarnai
kotak yang jumlah anaknya lebih banyak, guru mengingatkan agar siswa bekerja
dengan teliti.
7.
Lalu,
siswa mengamati benda disekitar kelas dan mencari benda yang banyaknya sama
dengan gambar siswa yang ada dibuku siswa
8.
Siswa
menyampaikan hasil pengamatannya kepada temannya
9.
Siswa
diminta membandingkan hasil pengamatannya dengan hasil pengamatan temannya.
Guru mengajukan pertanyaan adakah kelompok lain yang mengamati benda yang
sama ? dan menanyakan adakah kelompok lain yang mengamati benda yang sama
tetapi jumlahnya berbeda ?
10.
Setelah
itu, siswa diarahkan untuk melihat
bentuk-bentuk yang ada disekitar kelas ( pintu, jendela, papan tulis dll)
11.
Guru
menunjukkan beberapa kotak bekas kemasan.
12.
Siswa
diminta membongkar kotak untuk dapat menemukan bahwa bentuk dasar penyusun
kotak adalah bangun datar,
13.
Guru
memperkenalkan bangun persegi dan persegi panjang,
14.
Siswa
diminta untuk membuat gambar dari bentuk persegi dan persegi panjang sesuai
imajinasi mereka kemudian mewarnai gambar tersebut,
15.
Siswa
bergantian menceritakan gambar kepada temannya,
16.
Guru
menanyakan kepada siswa “sebutkan pengamatan siapa yang lebih banyak”
17.
Setiap
kelompok menceritakan kembali kembali hasil diskusi mereka.(mengkomunikasikan)
18.
Siswa
dibimbing untuk menyimpulkan hasil presentasi tiap kelompok. (mengasosiasi)
|
145 menit
|
Penutup
|
1. Guru dan
siswa melakukan refleksi
2. Guru
memberikan pesan moral
3. Doa akhir
pelajaran.
|
15 menit
|
H. Penilaian
a.
Tekhnik Penilaian
1.
Penilaian Sikap
Lembar
pengamatan terhadap siswa di sekolah/ di rumah
Minggu ke ….
Bulan … tahun …. Subtema
: AKU DAN TEMAN BARU
No
|
Nama siswa
|
Perubahan tingkah laku
|
|||||||||||
Percaya diri
|
Santun
|
Tanggung jawab
|
Berani
|
||||||||||
BT
|
T
|
M
|
BT
|
T
|
M
|
BT
|
T
|
M
|
BT
|
T
|
M
|
||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ket :
BT ; Belum terlihat
T : Terlihat
M : Menonjol
2.
Penilaian Pengetahuan
Instrument
penilaian : tes tertulis (isian) hal. 12 buku
siswa
3.
Penilaian Keterampilan
a.
Penilaian unjuk kerja
Bentuk
soal :
-
Carilah benda yang banyaknya tiga.
-
Carilah benda yang banyaknya empat
-
Carilah benda yang banyaknya lima.
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu bimbingan 1
|
1
|
Ketepatan mengisi angka sesuai
banyaknya siswa pada gamabar ‘ayo berlatih’
|
5-6 gambar diisi dengan tepat
|
3-4 gambar diisi dengan tepat
|
1-2 gambar diisi dengan tepat
|
Belum mampu mengisi angka.
|
2
|
Ketepatan mewarnai kotak yang lebih
banyak
|
Mewarnai 3 kotak dengan tepat
|
Mewarnai 2 kotak dengan tepat
|
Mewarnai 3 kotak dengan tepat
|
Belum mampu mewarnai
|
b. Penilaian unjuk kerja
Bentuk soal menggambar dari bentuk segi empat :
-
Apa yang kamu gambar ?
-
Apa gambar temanmu ?
-
Gambar mana yang kamu sukai ?
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu bimbingan
1
|
1
|
Hasil gambar
|
Ø
Bentuk dasar terlihat
Ø
Ada tambahan variasi gambar
|
Bentuk dasar terlihat dan tidak ada
tambahan variasi gambar atau sebaliknya
|
Bentuk dasar tidak terlihat dan
tidak ada tambahan variasi gambar
|
Belum mampu membentuk gambar dari
bentuk persegi dan persegi panjang
|
2
|
Jumlah warna yang digunakan
|
Menggunakan 4 atau lebih warna
|
Menggunakan 3 warna
|
Menggunakan 2 warna
|
Menggunakan 1 warna
|
Kepala
Sekolah,
(
___________________________ )
NIP.
|
|
…………..,
…………………………… 2014
Guru Kelas 1
(
___________________________ )
NIP.
|
Refleksi :
Ø
Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Ø
Siswa yang perlu mendapatkan perhatian khusus
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Ø
Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
Ø
Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………