Selengkapya >>>>>
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )


SATUAN PENDIDIKAN           :   SEKOLAH DASAR
KELAS / SEMESTER                :   1 / 1
TEMA / SUBTEMA                  :   DIRIKU / AKU DAN TEMAN BARU
ALOKASI WAKTU                   :   1 X PERTEMUAN ( 5 X 35 Menit )
PEMBELAJARAN KE               :   4 ( EMPAT )

A.     KOMPETENSI INTI ( K I )
1.       Menerima dan menjalankan ajaran  Agama yang dianut
2.       Memiliki prilaku jujur , disiplin , tanggung jawab , santun , peduli dan pecaya diri dalam berinteraksi dengan keluaraga , teman , dan Guru.
3.    Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati ( mendengar , melihat , membaca  
        ) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang  dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan   
        kegiatannya , dan benda – benda yang dijumpainya dirumah dan di Sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis  
       , dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan   
       prilaku anak yang beriman dan berakhlak mulia.

B .   KOMPETENSI DASAR ( KD ) dan INDIKATOR
        BAHASA INDONESIA
        Kompetensi Dasar     :
                3.1  Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud dan sifat benda,
                      serta peristiwa  siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia    
                      lisan dan tulis yang dapat  diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu  
                      pemahaman
3.4. Mengenal teks cerita diri/ personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau
                      teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
                      daerah untuk membantu pemahaman.
4.1  Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra,  
        wujuddan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa   
        Indonesia lisan  dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
        penyajian
4.4. Menyampaikan teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa
                      Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
                      Penyajian
        Indikator              : 
     3.1.1 Menyebutkan urutan huruf melalui nyanyian “a-b-c”
                    3.4.1 Mengurutkan huruf a-b-c-d-e-f dengan urutan yang benar
                    4.1.1 Menulis di udara, pasir, dan punggung
                    4.1.2 Mengenal huruf vokal a-i-u-e-o
                    4.4.1 Menebalkan garis sesuai petunjuk

          SBDP
         Kompetensi Dasar  :        
                                3.1  Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
                               4.7  Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih memahami isi lagu

          Indikator                    : 
                                3.1.1  Mengidentifikasi lagu sebagai salah satu karya seni
                             4.7.1  Menyanyikan lagu “a-b-c” dengan irama yang benar



           PJOK
           Kompetensi Dasar                :
 3.1  Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh
         yang digunakan, arah, ruang gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk   
         permainan sederhana dan atau tradisional.
                                4.1  Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh  
                                     yang digunakan, arah, ruang  gerak, hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk
                                     permainan  sederhana dan atau tradisional.

Indikator              : 
                                 3.1.1  Mengidentifikasi gerak lokomotor pada aktifitas berjalan
                                 4.1.1  Melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki dalam berjalan lurus
                                4.1.2  Melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki dalam berjalan zigzag
                                4.1.3  Melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki dalam berjalan lengkung


C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
   1. Dengan mendengarkan contoh dari guru, siswa dapat menyanyikan lagu “a-b-c” dengan benar.
   2. Setelah bernyanyi dan bermain, siswa dapat menyusun huruf dengan urutan yang benar.
   3. Dengan melihat contoh, siswa dapat menyusun nama mereka dari kartu-kartu huruf  dengan
       tepat.
   4. Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan membentuk
       garis lurus dengan benar.
   5. Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana,siswa dapat berjalan membentuk garis
       zigzag dengan benar.
   6. Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan  membentuk
       garis lengkung dengan benar.
   7. Dengan penjelasan dari guru, siswa dapat mempraktikkan posisi duduk yang benar  pada saat
        menulis dengan tepat.
   8. Dengan penjelasan dari guru, siswa dapat mempraktikkan cara memegang pensil  yang benar
        pada saat menulis dengan tepat.
   9. Setelah mempraktikkan sikap tubuh dan cara memegang pensil yang benar pada saat  menulis  
       siswa dapat menebalkan garis dengan benar
D.    MATERI PELAJARAN
             1. Bernyanyi sambil mengenal huruf ( buku siswa hal 13 – 14 )
             2. Belajar menulis ( Buku siswa halaman 15 – 16 )
             3. Bergerak mengikuti bentuk garis  ( buku siswa halaman 17 – 18 )
             4. Mengenal susunan huruf ( nama teman buku halaman 19 – 20 )
E.   METODE dan PENDEKATAN PEMBELAJARAN
             Metode                                                   :  Ceramah , diskusi , Tanya jawab , penugasan
             Pendekatan Pembelajaran             :  Saintifik ( mengamati , menanya , mengumpulkan informasi / 
                                                                          eksperimen , mengasosiasi / menalar ,dan mengkomunikasikan
F.   MEDIA , ALAT , dan SUMBER PELAJARAN
             1. Media                    :   Lagu “ a , b , c “ , satu set kartu huruf
             2. Alat / bahan        :   Kertas Karton
             3. Sumber belajar  :   Kurnianingsih, Yanti , dkk.2013 , buku siswa Tema 1 Diriku. Buku Tematik  
                                                  terpadu Kurikulum 2013 Jakarta Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

G.   LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.    Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka
2.    Guru mengajak siswa untuk berdoa dan meminta salah seorang siswa memimpin doa
3.    Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melakukan pembelajaran inti.
4.    Guru member motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.    Siswa mendengarkan penjelasan dari Guru kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang sederhana dan dapat dipahami.
6.    Guru melakukan kegiatan penyegaran untuk membuat siswa bersemangat  dengan menyanyikan lagu “ Naik – naik ke Puncak gunung secara bersama – sama.

15 menit
Kegiatan Inti
1. Tempelkan huruf a-z di papan tulis.
2. Siswa diajak untuk bernyanyi lagu “a-b-c” sambil menunjukkan huruf  
    yang disebut.
3. Kemudian, siswa diminta untuk membentuk beberapa kelompok.
4. Setiap kelompok diberikan satu set kartu huruf (ada yang dari a-g, h-n,
     o-t, dan u-z), lalu diminta mengurutkannya.
5. Setelah mengurutkan huruf, setiap kelompok diminta menuliskan
     huruf-huruf tersebut di udara, sesuai arahan guru.1 SD/MI
6. Setelah menulis di udara dilanjutkan dengan menulis di punggung dan  
     di pasir.
7. Setelah siswa menulis huruf di udara, di punggung dan di pasir,
     mintalah mereka untuk memperhatikan huruf - huruf yang terdapat
     pada namanya.
8. Guru mengingatkan siswa mengenai pentingnya menghargai teman
     dalam kegiatan kelompok.
9. Kemudian guru menyampaikan setelah siswa bermain di dalam kelas,  
    sekarang akan bermain di luar kelas dan mengajak ke luar kelas.
10. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
11. Masing-masing kelompok dibagi dua, lalu berdiri berpisah berhadap-  
       hadapan dengan jumlah yang seimbang.
12. Siswa no. 1 di sisi A diminta untuk berjalan lurus atau  berlari menuju  
       titik. Masing-masing kelompok beradu cepat.
13. Kegiatan kedua, guru meminta siswa berdiri di titik A yang telah
      dibuat guru sebelumnya membentuk garis  zigzag menuju titik B.
14. Siswa nomor 1 diminta untuk berjalan menyusuri garis zigzag sampai  
       ke siswa no. 5. Lalu siswa-siswa lain melangkah mundur satu garis.
       Selanjutnya siswa no. 2 yang berada di posisi 1 berjalan membuat
       garis zigzag  sampai ke posisi no. 5. Demikian seterusnya sampai
       kesebelas siswa melakukannya.
15. Kegiatan ketiga guru menggambar garis lengkung  jika  
       memungkinkan, dan siswa berada di titik puncak garis. Jika tidak
       memungkinkan guru memberi tanda di  tengah-tengah masing-
       masing siswa. Minta siswa no. 1 berjalan menyusuri garis lengkung   
       sampai ke siswa no.5 dan seterusnya (dilakukan, seperti tahapan
       berjalan zigzag).
16. Siswa kembali ke dalam kelas.
17. Guru menyampaikan sebelum menulis siswa perlu mengetahui posisi
       tubuh yang benar pada saat menulis dan memegang pensil yang
       benar. Lalu, guru mencontohkan dan meminta siswa 
       mempraktikkannya.
18. Guru juga menyampaikan ujung pensil tidak terlalu runcing dan tidak
       tumpul dengan memperlihatkan contoh pensil yang diraut baik dan  
       kurang baik.
19. Guru menyampaikan setelah bergerak sesuai garis lurus,zigzag, dan
       lengkung, siswa akan menggambarkan garis-garis tersebut di buku
       siswa dengan menggunakan pensil.19
20. Lalu, siswa diminta melihat gambar di buku siswa dan mengerjakan
       latihan menulis dengan menebalkan garis dan nama teman di buku
       siswa.
21. Sebagai penutup, guru memberikan guntingan karton yang sudah
       disiapkan dan meminta siswa menuliskan nama panggilannya di
       karton tersebut.
22. Guru mengajak siswa untuk bersyukur kepada Tuhan karena diberi
       kaki untuk bergerak dan tangan untuk menulis.
145 menit
Penutup
Guru menanyakan siswa tentang materi yang belum di pelajari. Dengan arahan guru siswa melakukan refleksi dari kegiatan yang sudah dilakukan.
Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengakhiri pelajaran dan dipimpin oleh seorang siswa
15 menit

H.   PENILAIAN
             1.  Teknik Penilaian
                   a. Penilaian Sikap                           :   Percaya diri , santun , tanggung jawab , berani
                   b. Unjuk kerja                                 :   Keterampilan menulis huruf
                   c. Penilaian Pengetahuan          :   Lisan dan tertulis
             2.  Bentuk Instrumen Penilaian
                   a. Penilaian sikap
                       Lembar pengamatan terhadap Siswa di Kelas 1 Sekolah 2 Jenggala
                       Minggu ke _____ Bulan Juni 2014
No
Nama Peserta
Perubahan Tingkah laku
Percaya Diri
Santun
Tanggung jawab
Berani
BT
T
M
BT
T
M
BT
T
M
BT
T
M
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1













2













  3













Keterangan   :
BT   :  Belum Terlihat
T     :   Terlihat
M   :   Menonjol

b.  Penilaian Pengetahuan
Bahasa Indonesia
Bentuk Instrumen
1.    Tulislah di udara huruf berikut a , m , u , n   !
2.    Tebalkanlah garis  putus – putus di bawah ini !
-----------------------------------------------------------


 


No
Nama Peserta
Aspek yang dinilai

Ketebalan garis
Menulis huruf

1
2
3
1
2
3


1








2








  3








Keterangan   :
1 : Kurang            2  :  cukup           3  :  Baik sekali


                   c.  Penilaian Keterampilan
                        Penilaian      :   Unjuk kerja
                        Rubrik menyusun huruf berurutan

No
Kegiatan
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
1
Ketepatan susunan huruf




2
Ketepatan waktu penyelesaian tugas




3
Kerja sama kelompok












                                                                                                Sokong , 29 Juni 2014
                 Kepala SDN  2 Jenggala                                        Guru Kelas  1                                                 


              (  ____________________  )                                                     ( LALU  R U S D A N ,S.Pd  )
             NIP.                                                                            NIP. 19601231 199401 1 001

Design by papuqbaloq | Blogger Theme by papuqbaloq - papuqbaloq | papuqbaloq.com
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA , SEMOGA BERMANFAAT KAWAN