RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
SATUAN PENDIDIKAN : SEKOLAH DASAR
KELAS / SEMESTER :
1 / 1
TEMA / SUBTEMA : DIRIKU / AKU DAN TEMAN BARU
ALOKASI WAKTU : 1 X PERTEMUAN ( 5 X 35 Menit )
PEMBELAJARAN KE :
4 ( EMPAT )
A.
KOMPETENSI
INTI ( K I )
1.
Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianut
2.
Memiliki prilaku jujur , disiplin , tanggung
jawab , santun , peduli dan pecaya diri dalam berinteraksi dengan keluaraga ,
teman , dan Guru.
3. Memahami
pengetahuan factual dengan cara mengamati ( mendengar , melihat , membaca
) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya
, dan benda – benda yang dijumpainya dirumah dan di Sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis
, dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan
prilaku
anak yang beriman dan berakhlak mulia.
B .
KOMPETENSI DASAR ( KD ) dan INDIKATOR
BAHASA
INDONESIA
Kompetensi Dasar :
3.1
Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indra, wujud
dan sifat benda,
serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu
pemahaman
3.4. Mengenal teks cerita diri/
personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau
teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu pemahaman.
4.1
Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan
pancaindra,
wujuddan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri
dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
penyajian
4.4. Menyampaikan teks cerita diri/
personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
Penyajian
Indikator :
3.1.1 Menyebutkan urutan huruf melalui
nyanyian “a-b-c”
3.4.1 Mengurutkan
huruf a-b-c-d-e-f dengan urutan yang benar
4.1.1 Menulis
di udara, pasir, dan punggung
4.1.2 Mengenal
huruf vokal a-i-u-e-o
4.4.1 Menebalkan garis sesuai
petunjuk
SBDP
Kompetensi Dasar :
3.1
Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi
4.7 Menyanyikan lagu anak-anak dan berlatih
memahami isi lagu
Indikator :
3.1.1 Mengidentifikasi lagu sebagai salah satu karya
seni
4.7.1
Menyanyikan lagu “a-b-c” dengan irama yang benar
PJOK
Kompetensi Dasar :
3.1
Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota
tubuh
yang digunakan, arah, ruang gerak,
hubungan, dan usaha, dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau
tradisional.
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor
sesuai dengan dimensi anggota tubuh
yang
digunakan, arah, ruang gerak, hubungan,
dan usaha, dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional.
Indikator :
3.1.1
Mengidentifikasi gerak lokomotor pada aktifitas berjalan
4.1.1
Melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki dalam berjalan lurus
4.1.2 Melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki
dalam berjalan zigzag
4.1.3
Melakukan gerak lokomotor menggunakan kaki dalam berjalan lengkung
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dengan mendengarkan
contoh dari guru, siswa dapat menyanyikan lagu “a-b-c” dengan benar.
2. Setelah bernyanyi dan
bermain, siswa dapat menyusun huruf dengan urutan yang benar.
3. Dengan melihat contoh,
siswa dapat menyusun nama mereka dari kartu-kartu huruf dengan
tepat.
4. Setelah melakukan
gerakan pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan membentuk
garis lurus dengan benar.
5. Setelah melakukan
gerakan pada permainan sederhana,siswa dapat berjalan membentuk garis
zigzag dengan benar.
6. Setelah melakukan
gerakan pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan membentuk
garis lengkung dengan benar.
7. Dengan penjelasan dari
guru, siswa dapat mempraktikkan posisi duduk yang benar pada saat
menulis dengan tepat.
8. Dengan penjelasan dari
guru, siswa dapat mempraktikkan cara memegang pensil yang benar
pada saat menulis dengan tepat.
9. Setelah mempraktikkan
sikap tubuh dan cara memegang pensil yang benar pada saat menulis
siswa
dapat menebalkan garis dengan benar
1.
Bernyanyi sambil mengenal huruf ( buku siswa hal 13 – 14 )
2.
Belajar menulis ( Buku siswa halaman 15 – 16 )
3.
Bergerak mengikuti bentuk garis ( buku
siswa halaman 17 – 18 )
4. Mengenal susunan huruf ( nama
teman buku halaman 19 – 20 )
E. METODE dan PENDEKATAN PEMBELAJARAN
Metode : Ceramah , diskusi , Tanya jawab , penugasan
Pendekatan Pembelajaran :
Saintifik ( mengamati , menanya , mengumpulkan informasi /
eksperimen , mengasosiasi / menalar ,dan mengkomunikasikan
F. MEDIA , ALAT , dan SUMBER PELAJARAN
1.
Media : Lagu “ a , b , c “ , satu set kartu huruf
2.
Alat / bahan : Kertas Karton
3. Sumber
belajar : Kurnianingsih, Yanti , dkk.2013 , buku siswa
Tema 1 Diriku. Buku Tematik
terpadu Kurikulum 2013 Jakarta Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
G.
LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru
membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka
2. Guru
mengajak siswa untuk berdoa dan meminta salah seorang siswa memimpin doa
3. Guru
melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi guru sebelum melakukan pembelajaran
inti.
4. Guru
member motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang
akan dilaksanakan.
5. Siswa
mendengarkan penjelasan dari Guru kegiatan yang akan dilakukan hari ini dan
apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang
sederhana dan dapat dipahami.
6. Guru
melakukan kegiatan penyegaran untuk membuat siswa bersemangat dengan menyanyikan lagu “ Naik – naik ke
Puncak gunung secara bersama – sama.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Tempelkan huruf a-z di papan
tulis.
2. Siswa diajak untuk bernyanyi
lagu “a-b-c” sambil menunjukkan huruf
yang disebut.
3. Kemudian, siswa diminta untuk
membentuk beberapa kelompok.
4. Setiap kelompok diberikan
satu set kartu huruf (ada yang dari a-g, h-n,
o-t, dan u-z), lalu diminta mengurutkannya.
5. Setelah mengurutkan huruf,
setiap kelompok diminta menuliskan
huruf-huruf tersebut di udara, sesuai
arahan guru.1 SD/MI
6. Setelah menulis di udara
dilanjutkan dengan menulis di punggung dan
di pasir.
7. Setelah siswa menulis huruf
di udara, di punggung dan di pasir,
mintalah mereka untuk memperhatikan
huruf - huruf yang terdapat
pada namanya.
8. Guru mengingatkan siswa
mengenai pentingnya menghargai teman
dalam kegiatan kelompok.
9. Kemudian guru menyampaikan
setelah siswa bermain di dalam kelas,
sekarang akan bermain di luar kelas dan mengajak
ke luar kelas.
10. Guru membagi siswa menjadi
beberapa kelompok.
11. Masing-masing kelompok
dibagi dua, lalu berdiri berpisah berhadap-
hadapan dengan jumlah yang seimbang.
12. Siswa no. 1 di sisi A
diminta untuk berjalan lurus atau berlari menuju
titik. Masing-masing kelompok beradu cepat.
13. Kegiatan kedua, guru meminta
siswa berdiri di titik A yang telah
dibuat guru sebelumnya membentuk garis zigzag menuju titik B.
14. Siswa nomor 1 diminta untuk
berjalan menyusuri garis zigzag sampai
ke siswa no. 5. Lalu siswa-siswa lain melangkah
mundur satu garis.
Selanjutnya siswa no. 2 yang berada di
posisi 1 berjalan membuat
garis zigzag sampai ke posisi no. 5. Demikian seterusnya
sampai
kesebelas
siswa melakukannya.
15. Kegiatan ketiga guru
menggambar garis lengkung jika
memungkinkan, dan siswa berada di
titik puncak garis. Jika tidak
memungkinkan guru memberi tanda di tengah-tengah masing-
masing siswa. Minta siswa no. 1 berjalan
menyusuri garis lengkung
sampai ke siswa no.5 dan seterusnya
(dilakukan, seperti tahapan
berjalan zigzag).
16. Siswa kembali ke dalam
kelas.
17. Guru menyampaikan sebelum
menulis siswa perlu mengetahui posisi
tubuh yang benar pada saat menulis dan
memegang pensil yang
benar. Lalu, guru mencontohkan dan
meminta siswa
mempraktikkannya.
18. Guru juga menyampaikan ujung
pensil tidak terlalu runcing dan tidak
tumpul dengan memperlihatkan contoh
pensil yang diraut baik dan
kurang baik.
19. Guru menyampaikan setelah
bergerak sesuai garis lurus,zigzag, dan
lengkung, siswa akan menggambarkan garis-garis
tersebut di buku
siswa dengan menggunakan pensil.19
20. Lalu, siswa diminta melihat
gambar di buku siswa dan mengerjakan
latihan menulis dengan menebalkan
garis dan nama teman di buku
siswa.
21. Sebagai penutup, guru memberikan
guntingan karton yang sudah
disiapkan dan meminta siswa menuliskan
nama panggilannya di
karton tersebut.
22. Guru mengajak siswa untuk
bersyukur kepada Tuhan karena diberi
kaki untuk bergerak dan tangan untuk menulis.
|
145 menit
|
Penutup
|
Guru menanyakan siswa tentang
materi yang belum di pelajari. Dengan arahan guru siswa melakukan refleksi
dari kegiatan yang sudah dilakukan.
Guru mengajak siswa berdoa
sebelum mengakhiri pelajaran dan dipimpin oleh seorang siswa
|
15 menit
|
H.
PENILAIAN
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian Sikap : Percaya diri , santun , tanggung jawab ,
berani
b. Unjuk kerja :
Keterampilan menulis huruf
c. Penilaian Pengetahuan : Lisan dan tertulis
2. Bentuk Instrumen Penilaian
a. Penilaian sikap
Lembar pengamatan terhadap Siswa di
Kelas 1 Sekolah 2 Jenggala
Minggu ke _____ Bulan Juni 2014
No
|
Nama Peserta
|
Perubahan Tingkah laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Santun
|
Tanggung jawab
|
Berani
|
||||||||||
BT
|
T
|
M
|
BT
|
T
|
M
|
BT
|
T
|
M
|
BT
|
T
|
M
|
||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
BT : Belum Terlihat
T : Terlihat
M : Menonjol
|
b.
Penilaian Pengetahuan
Bahasa Indonesia
Bentuk Instrumen
1.
Tulislah di udara huruf berikut a , m , u ,
n !
2.
Tebalkanlah garis putus – putus di bawah ini !
-----------------------------------------------------------
No
|
Nama Peserta
|
Aspek yang dinilai
|
||||||
Ketebalan garis
|
Menulis huruf
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
1 : Kurang
2 : cukup 3
: Baik sekali
|
c. Penilaian Keterampilan
Penilaian : Unjuk kerja
Rubrik menyusun huruf berurutan
No
|
Kegiatan
|
Kriteria
|
|||
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu bimbingan
|
||
1
|
Ketepatan
susunan huruf
|
|
|
|
|
2
|
Ketepatan
waktu penyelesaian tugas
|
|
|
|
|
3
|
Kerja
sama kelompok
|
|
|
|
|
Sokong
, 29 Juni 2014
Kepala SDN
2 Jenggala Guru
Kelas 1
(
____________________ ) ( LALU R U S D A N ,S.Pd )
NIP. NIP. 19601231 199401 1 001