Selengkapnya >>>>>
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan          :SD
Kelas/Smester                  : 1/1 (satu)
Tema/SubTema                                : Diriku/Aku dan teman baruku
Alokasi waktu                    : 1X Pertemuan (5x35 Menit)
Pembelajaran                    : 5
A.      Kompetensi  Inti (kI)
1.       Menerima dan menjalakan ajran agama yang di anutnya
2.       Memiliki prilaku jujur,desiplin,tanggung jawab,sntun ,peduli,dan percaya diri dalam berinteraksi
3.       Dengan keluarga ,temandan guru
4.       3.Memahami pengetahuan factual dengan cara mengati (mendengar,melihat,membaca)
5.       Dan menanyaberdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya sebagai mahluk ciptaan Tuhan dan kegia
6.       Tannya dan bend-benda yang di jumpainya di rumah dan di sekolah
7.       Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas dan logis dalam karya yang estetis,dalam
8.       Gerakan  mencerminkan anak sehat dan dalam  tindakan yang mencerminkan perilaku anak yang Beriman dan berahlak mulia.
B.      Kompetensi Dasar(KD dan Indikator
Matematika
Kompetensi Dasar(KD)
     3.4 Menunjukan pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20
      4.1 Menguraikan sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasi penjumlahandan pengurangan
       Indikator.
       3.4.1 Mengidentifikas besaran bilangan dengan menghitung maju dari 1-5
       3.4.2 Mengidentifikasi besaran bilangan dengan menghitung mundur dari 5-1
       4.1.1Mengurutkan bilangan dengan menghitung maju dari 1-5
       4.1.2Mengurutkan bilangan dengan  urutan mundur dari 5-1
      
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
3.1 Mengenal teks deskreptif tentang anggota tubuh panca indra,wujud dan sifat benda serta pristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat di dengan kosa bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati dan meniru teks deskreptif tentang anggota tubuh dan panca indra wujud sifat benda serta pristiwa siang malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa lisan dan tulis yang dapat di isi denga kosa kata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator
Menebalkan angka 1-5 sesuai dengan benda
PJOK
Kompetensi dasar
3.1 Mengegetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan demensi anggota tubuhyang di gunakan ,arah, ruang gerak,hubungan,dan usaha,dalamberbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisiunal.
4.1 Mempraktikkan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan demensi anggota tubuh yang di gunakan,arah ruang gerak,hubungan,dan usaha,dalamberbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisiunal.
Indikator:
3.1.1 Melakukan gerakan lokomotor sesuai dengan arahan gur
4.1.11 Melakukan gerakan lokomotor berlari berpasangan
C.      Tujuan Pembelajaran
1.       Dengan mendengar arahan dari guru siswa dapat mempraktikkan gerakan lari dengan benar
2.       Dengan memperhatikan contoh dari guru siswa dapat mempraktikkan lari berpasangan sambil             berpegangan tangan dengan benar
3.       Dengan permainan kartu angka siswa dapat mengurutkan bilangan 1-5 dengan benar.
D.      Materi Pembelajaran:
1.       Bermain mengurutkan bilangan(halaman 22)
2.       Menebalkan angka (halaman 23)
3.       Gerak lokomotor(21)
E.       Metode dan Pendekatan Pembelajaran
        Metode (ceramah,Tanya jawab)
        Pendekatan Saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan/eksperimen, mengasosiasi/menalar, dan mengkomonikasikan)
F.       Media,Alat dan sumber Pelajaran.
       1.Kartu angka/bilangan.
       2,Alat : -
       3.Buku siswa TEMA I DIRIKU(Tematik Kurikulum 2013)
    G.Langkah-langkah
Kegiatan
Deskrepsi kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
1.       Guru membuka pelajaran dengan member salam, menyapa siswa dan menanya kabar. mereka
2.       Guru mengajak siswa untuk berdoa dan meminta salah seorang siswa meminpin  doa
3.       Guru melakukan apersepsi sebagai awal komunikasi sebelum melaksanakan pembelajaran inti
4.       Guru member motivasi kepada siswa agar semangat dalam mengikuti pembelajaran yang akan di laksanakan
5.       Siswa mendengarkan penjelasan dari guru kegiatan yang akan di laksanakan hari ini dan apa tujuan yng akan di capai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yng sederhana dan dapat di fahami
6.       Guru melakukan kegiatan penyegaran untuk mebuat siswa besemangat dengan “Balon ku ada lima”.
15 menit
Kegiatan Inti
1.       Siswa mendengar guru membuka pelajaran dengan menyanyikan lagu”Balon ku ada lima”
2.       Siswa di minta untuk kelompok yang anggota nya 5 orang
3.       Siswa di minta maju untukmelakukan permainan mengurutkan bilangan
4.       Guru membagikan kalong angka yang sudah di buat.
5.       Setiap kelopok mendapat 1 set kalong bernomor bilangan 1-5
6.       Masing-masing siswa mendapet 1 kalong lalu memakai nya kalung di berikan secara acak kepada setiap anggota.
7.       Siswa di minta berbaris berurutan di kelompoknya setelah ada aba-aba dari guru.
8.       Lalu guru member aba-aba agar setiap kelopok bersiap-siap.
9.       Ulangi kegiatan yang sama tetapi sebelum nya bertukar kalung dengan nomor yang lain dan berbaris dengan urutan mundur.
10.   Siswa di minta duduk kembali kebangku nya masing-masing untuk mengerjakan latihan menebalkan.
11.   Guru mengajak siswa keluar kelas.Seluruh siswa di minta berbaris dengan rapi sesui dengan urutan tinggi badan.
12.   Siswa di minta melakukan pemanasan sebelum melakukan kegiatan olah raga.
13.   Siswa diminta berlari berkeliling lapangan.
14.   Siswa diminta untuk mencari pasangan yang telah di tentukan oleh guru sebelum nya.
15.   Siswa diminta untuk saling berpegangan tangan.
16.   Siswa diminta berlari mengelilingi lapangan sambil berpegangan tangan.
17.   Setiap pasangan tidak boleh menyengol pasangan lain nya.
18.   Kegiatan ini ditutup dengan menanyakan pengalaman saat mengikuti kegiatan.
145 menit
Penutup
1.       Guru menanyakan kepada siswa tentang materi yang belum di mengerti dengan arahan guru siswa melakukan repleksi dari kegiatan yang sudah di lakukan
2.       Guru mengajak siswa berdoa sebelum mengahiri pelajaran
3.       Dan meminta salah seorang siswa meminpin doa
15 menit.




G.     Penilaian
1.       Pengamatan Sikap.

No
1.
Nama Peserta Didik
Perubahan tingkah laku

Percaya diri
Santun
Tanggung jawab
berani

BT
T
M
BT
T
M
BT
T
M
BT
T
M

1
2
3
1
2
3
1
2
3
1
2
3

2.
Siti













2.
Siti













3.
Dayu













Keterangan : 1 : kurang; 2: cukup; 3: baik sekali

2.       Penilaian pengetahuan
Instrumen penlaian : tes tertulis Isian (halaman 20 buku siswa)
3.       Penilaian Keterampilan:
Penilaian Unjuk Kerja
Rubrik Gerakan berlari berpasangan
NO
Kretiria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
1
Semangat dankekompakan
Secara mandiri,pasangan terlihat saling member semangat
Dengan arahan guru pasangan terlihat saling memberikan semangat
Dengan arahan guru pasangan terlihat saling memberikan semangat
Pasang saling menolak untuk melakukan aktivitas
2
Ketaatan pada aturan main
Pasangan mampu berlari pada lintasan tanpa mnyenggol pasangan lain
Pasangan mampu berlari pada lintasan,tetapi 1kali menyenggol pasangan lain
Pasangan mampu berlari pada lintasan,tetapi 2kali menyenggol pasangaan lain
Pasangan mampu berlari pada lintasan,tetapi 3kali menyenggol pasangaan lain
                                                                                                                                                               
……………….,………………..2014
            Kepala sekolah                                                                                                                      Guru kelas I




   (……………………………..)                                                                                                                  (………………………………
   Nip.                                                                                                                                                     Nip.
    
Refleksi:

* Hal-hal yang perlu menjadi perhatian
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Siswa yang perlu mendapat perhatian khusus
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
* Hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Design by papuqbaloq | Blogger Theme by papuqbaloq - papuqbaloq | papuqbaloq.com
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA , SEMOGA BERMANFAAT KAWAN