RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan :
SD
Kelas /
Semester : I / 1 (Satu)
Tema / Sub Tema :
Diriku / Aku dan Teman Baru
Alokasi Waktu :
1 x Pertemuan ( 5 x 35 Menit )
Pembelajaran Ke - :
6 (Enam)
A. Kompetensi Inti ( KI )
1. Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
3. Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati ( mendengar, melihat, membaca) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda- benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
Matematika
Kompetensi
Dasar :
3.5. Mengenal
bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
4.7. Membentuk
dan menggambar bangun baru dari bangunbangun datar atau
pola bangun datar yang sudah ada
Indikator :
3.5.2 Menunjukkan benda-benda di sekitar yang berbentuk dasar segi empat
3.5.3 Menunjukkan
benda-benda di sekitar yang berbentuk dasar lingkaran
3.5.4 Menggambar berdasarkan bentuk lingkaran dan segi empat
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar :
3.4. Mengenal
teks cerita diri atau personal tentang keberadaan keluarga
dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman
4.4. Menyampaikan teks cerita diri atau
personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian
Indikator :
3.4.2 Menceritakan
hasil gambar yang dibuatnya di depan kelas
3.4.3
Menyampaikan hasil
pengamatan sesuai bentuk benda
Seni Budaya dan Prakarya (SBDP)
Kompetensi Dasar :
3.1.
Mengenal cara dan hasil karya seni
ekspresi
4.1. Menggambar
ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk
berdasarkan
hasil
pengamatan di lingkungan sekitar
Indikator :
3.2.2 Menentukan bentuk baru yang akan digambar
4.1.4 Menggambar
bentuk baru dari bangun datar segi empat dan lingkaran
C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan kegiatan mengamati, siswa dapat
meng identifikasi benda -benda berbentuk ling ka ran dengan benar.
meng identifikasi benda -benda berbentuk ling ka ran dengan benar.
2. Setelah mengidentifikasi bentuk lingkaran siswa dapat menggambar bentuk lingkaran dengan benar.
3.
Setelah mendengarkan
penjelasan guru, siswa dapat membuat gambar eskpresi
dari bentuk-bentuk segi empat dan lingkaran.
4. Setelah menggambar, siswa dapat men ceritakan hasil gambar
yang dibuat dengan lancar.
D. Materi Pembelajaran
1. Mengenal bentuk lingkaran (
Buku siswa halaman 25 )
2. Menggambar bentuk lingkaran dan
persegi ( Buku siswa halaman 26 )
3. Menceritakan hasil gambar (
Buku siswa halaman 27 )
E.
Metode dan Pendekatan Pembelajaran
Metode : ( Ceramah, diskusi, dan tanya jawab )
Pendekatan : Saintifik (mengamati,
menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, mengasosiasi/
Menalar, dan mengkomunikasikan ).
F. Media, Alat, dan Sumber Pelajaran
1. Media : Gambar –
gambar berbentuk lingkaran dan segi empat
2. Alat/Bahan :
Benda – benda berbentuk lingkaran dan segiempat
3. Sumber belajar : Buku
Guru dan Buku Siswa Kelas I Tema “DIRIKU “.
G. Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
|
15
Menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Guru
menjelaskan kepada siswa bahwa mereka akan mempelajari
bentuk lingkaran. ( Mengamati )
2. Siswa
diminta menunjukkan berbagai bentuk lingkaran yang ada pada
gambar di halaman buku siswa. (mengamati)
3. Siswa
diminta memberikan contoh benda-benda berbentuk lingkaran yang mereka
tahu. (mengkomunikasikan)
4. Kemudian,
siswa diminta membentuk kelompok.
5. Masing-masing
kelompok mengamati benda-benda berbentuk lingkaran di kelas atau di luar kelas. (mengamati)
6.
Setelah waktu pengamatan selesai, masing-masing kelompok
menyampaikan hasil pengamatannya di depan kelas. (mengkomunikasikan)
7.
Setelah semua kelompok menyampaikan laporan, guru melakukan
konfirmasi dan penguatan konsep yang baru saja dipelajari.(mengkomunikasikan)
8. Siswa
juga diminta menyampaikan kesan-kesan mereka dalam mengikuti keg iatan.
(mengkomunikasikan)
9. Guru
mengingatkan siswa tentang bangun lingkaran dan bangun segi
empat yang telah dipelajari. (Mengamati)
10. Siswa
diminta membuat gambar dari bentuk lingkaran dan segi empat
secara berkelompok. (mengolah informasi)
11. Setelah
selesai, siswa menceritakan gambarnya kepada kelompok lain.
(mengkomikasikan)
12. Setiap
kelompok diberi kesempatan untuk menyampaikan hasil
karyanya dengan menceritakan bagaimana mereka menentukan gambar yang akan
dibuat, dan penjelasan mengenai apa yang digambar.
(Mengkomunikasikan)
13. Kelompok lain diberi kesempatan untuk memberikan pendapat terhadap hasil kerja temannya.
(Mengkomunikasikan)
14. Kelompok yang diberi apresiasi mengucapkan terima kas ih. (Mengkomunikasikan)
15. Kegiatan ditutup dengan diskusi mengenai tujuan dan manfaat bekerja sama serta saling menghargai karya teman. (Mengkomunikasikan)
|
145
Menit
|
Penutup
|
Guru
menanyakan kepada siswa tentang materi yang belum dipelajari. Dengan arahan
guru siswa melakukan refleksi dari kegiatan yang sudah dilakukan.
Guru mengajak
siswa berdoa sebelum mengakhiri pelajaran dan meminta salah seorang siswa
memimpin doa.
|
15
Menit
|
H. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Penilaian sikap : percaya
diri, disiplin dan bekerjasama
b.
Observasi : Pengamatan berbagai benda berbentuk lingkaran
c. Unjuk kerja :
Menggambar dan menceritakan
gambar dalam kelompok
d.
Penilaian Pengetahuan : Tes tertulis (isian)
Tes tertulis
( Isian)
Isilah kolom di bawah ini dengan tanda ceklist
(√) yang sesuai dengan bentuknya !
NO.
|
NAMA BARANG
|
LINGKARAN
|
SEGI EMPAT
|
1.
|
Buku tulis
|
...
|
...
|
2.
|
piring
|
...
|
...
|
3.
|
Pintu
|
...
|
...
|
4.
|
Kue donat
|
...
|
...
|
5.
|
jeruk
|
...
|
...
|
PENILAIAN
- Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerja Sama
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian Observasi (Pengamatan)
Lembar
Pengamatan berbagai benda berbentuk lingkaran.
No
|
Nama
|
KRITERIA
|
|||||||
Siswa mampu
|
Siswa terlibat
|
Siswa dapat menyampaikan hasil
|
Siswa mengungkapkan
|
||||||
Mengikuti
|
Aktif dalam
|
Pengamatan benda – benda
|
Perasaan dan pendapatnya
|
||||||
Instruksi guru
|
kegiatan
|
Berbentuk lingkaran secara
|
|
||||||
|
|
berkelompok
|
|
||||||
T
|
BT
|
Terlihat
|
BT
|
Terlihat
|
Belum Terlihat
|
Terlihat
|
Belum T.
|
||
1.
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
20.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
21.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
22.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
23.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
24.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Menggambar dan
Menceritakan Gambar dalam Kelompok
No.
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4 |
Baik
3 |
Cukup
2 |
Perlu Bimbingan
1 |
1.
|
Kerja
sama kelompok
|
Seluruh
anggota kelompok
berpartisipasi aktif.
|
Setengah atau lebih anggota kelompok berpartisipasi aktif.
|
Kurang
dari setengah anggota kelompok berpartisipasi
aktif.
|
Seluruh anggota kelompok
terlihat pasif.
|
2.
|
Kualitas hasil
|
·
Objek gambar terdiri dari lingkaran dan segi empat.
·
Ada tambahan
hiasan dan pewarnaan
|
·
Objek gambar terdiri dari lingkaran dan segi empat.
·
Tidak ada tambahan hiasan dan pewarnaan.
|
·
Objek gambar terdiri dari salah satu (lingkaran
atau segi empat
saja).
·
Ada
tambahan
hiasan
dan pewarnaan.
|
·
Objek gambar terdiri dari salah satu (lingkaran
atau segi empat
saja).
·
Tidak ada tambahan hiasan dan pewarnaan.
|
3.
|
Kemampuan menceritakan gambar
|
Perwakilan kelompok menceritakan gambar mencakup dua aspek (informasi yang
faktual dan imajinatif)
|
Perwakilan
kelompok menceritakan gambar hanya dari aspek faktual atau imajinatif saja
|
Perwakilan kelompok menceritakan
gambar hanya menyebutkan nama gambar
saja
|
Perwakilan kelompok belum mampu menceritakan gambar
|